Kamis, 16 Februari 2012

statemen statemen pemrograman pascal

Beberapa Statemen Turbo Pascal
             Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;]. Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal. 
1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output. 

# Read/Readln [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke
dalam suatu variabel.
Sintaks: Read/Readln(x); (ingat, selalu diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan : x = variabel.
Read = pada statemen ini posisi kursor tidak
pindah ke baris selanjutnya.
Readln = pada statemen ini posisi kursor akan
pindah ke baris selanjutnya setelah di
input.
# ReadKey [fungsi].
Untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data
yang dihasilkan adalah char.
Sintaks: ReadKey;
# Write/Writeln [prosedur].
Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di
layar.
Sintaks: Write/Writeln(x); 
Keterangan : x = variabel.
Write/Writeln= statement ini digunakan untuk mencetak variable ke dalam monitor


2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.

# ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
sintaks: ClrScr; ��[Clear screen]
# GotoXY[prosedur].
Untuk menempatkan posisi kursor pada layar.
Sintaks: GotoXY(X, Y: Byte);
Keterangan : X = sumbu X (posisi horisontal)
Y = sumbu Y (posisi vertikal)
# DelLine [prosedur].
Untuk menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan
baris-baris dibawahnya.
Sintaks: DelLine;
# InsLine [prosedur].
Untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan meng-
geser kebawah tampilan-tampilan baris dibawahnya.
Sintaks: InsLine; 
# Delay [prosedur].
Untuk menghentikan sejenak proses program.
Sintaks: Delay (MS: Word);
Keterangan : variable MS = ukuran waktu dalam milisecond.

3. Statemen yang digunakan untuk memanipulasi string.
# ConCat[fungsi].
Untuk menggabungkan 2 atau beberapa variabel string.
Sintaks: ConCat (s1 [,s2,...,sn]: String) : String;
contoh: ConCat ('ABC','DEF') { ABCDEF }
# Copy [fungsi].
Mengambil satu atau beberapa karakter dari sebuah string.
Sintaks: Copy (S,Index,Count) : String;
Keterangan :
S = sebuah string (string).
Index = posisi awal kita akan mengambil beberapa
karakter (integer)
Count = banyaknya karakter yang akan diambil (integer).
# Delete [prosedur].
Menghapus sebagian karakter dari sebuah string.
Sintaks: Delete (S,Index,Count);
Keterangan : sama dengan statemen Copy

# Insert [prosedur].
Menyisipkan satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string.
Sintaks: Insert (Source,var S,Index);
Keterangan : Source = sumber string untuk disisipi (string)
var S = string tujuan yang akan disisipi oleh
string Source (string)
Index = posisi mulai (integer).
# Length [fungsi].
Memberikan nilai panjang dari suatu string (jumlah karakter
dalam string).
Sintaks: Length (S);
Keterangan : S = string
Length(S) menghasilkan nilai integer.
# Pos [fungsi].
Mencari posisi sebuah bagian string (substring) didalam
sebuah string.
Sintaks: Pos (Substr,S); {menghasilkan nilai Byte}
Keterangan : Substr = substring yang akan dicari posisinya di
dalam sebuah string S.
Bila bernilai 0 berarti nilai string yang dicari tidak ada.
# Str [prosedur].
Merubah nilai numerik ke dalam nilai string.
Sintaks: Str (N,S);
Keterangan :
N = data tipe integer,
S = data tipe string.
# Val [prosedur].
Merubah nilai string ke dalam nilai numerik.
Sintaks: Val (S,N,P);
Keterangan :
S = nilai string,
N = nilai real,
P = posisi salah.
Nilai string harus berisi angka, plus atau minus, bila tidak
berarti kesalahan dan letak kesalahannya ditunjukkan oleh va-
riabel posisi salah. Jika benar, maka nilai variabel tsb = 0
(nol).
# UpCase [fungsi].
Memberikan huruf kapital dari argumen.
Sintaks: UpCase (S);
Keterangan :
S = variabel bertipe karakter.
4. Statemen-statemen untuk perhitungan aritmatik.
# Abs [fungsi].
Memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
Sintaks: ABS(x);
# ArcTan[fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan
goniometri.
Sintaks: ArcTan (x);
dimana x dapat bertipe real atau integer dan akan menghasil-
kan nilai bertipe real.
# Cos [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
Sintaks: Cos (x);
# Exp [fungsi].
Menghitung nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam),
yaitu sebesar x.
Sintaks: Exp (x);
x dapat bertipe real atau integer dan akan menghasilkan
nilai bertipe real.
# Frac [fungsi].
Untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
Sintaks: Frac (x);
Tipe dari x sama seperti yang diatas.
# Int [fungsi].
Memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel
dengan membuang bilangan di belakang koma.
Sintaks: Int (X);
# Ln [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural
logarithm) dari nilai x.
Sintaks: Ln (x);
# Sin [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Sinus.
Sintaks: Sin (x);
# Sqr [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai pangkat kuadrat dari suatu
bilangan.
Sintaks: Sqr (x);
Tipe dari x bisa berupa real maupun integer. Dan hasilnya a-
kan sama dengan tipe dari x.
# Sqrt (fungsi).
Digunakan untuk menghitung nilai akar dari suatu bilangan.
Sintaks: Sqrt (x);


5. Statemen-statemen untuk transfer nilai dari suatu variabel.
# Chr [fungsi].
Merubah nilai dari byte ke bentuk karakter yang sesuai dengan
kode ASCII.
Sintaks: Chr (x);
Keterangan : x bertipe byte
# Ord [fungsi].
Merubah nilai suatu variabel dari bentuk karakter ke bentuk
longint.
Sintaks: Ord (x);
Keteranagn : x bertipe char
# Round [fungsi].
Membulatkan data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Round (x);
Keterangan : Jika nilai pecahan < 0,5 maka dibulatkan keba-
wah.
Jika nilai pecahan > 0,5 maka dibulatkan kea-
tas.
# TRUNC [fungsi].
Membulatkan kebawah data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Trunc (x);

6. Statemen-statemen untuk memanipulasi data.

# Pred [fungsi].
Memberikan nilai sebelum nilai argumen dalam urutannya dalam
ASCII.
Sintaks: Pred (x);
# Succ [fungsi].
Memberikan nilai sesudah nilai argumen dalam urutannya dalam
ASCII.
Sintaks: Succ (x);
# Inc[fungsi].
Menambah (increments) nilai suatu variabel.
Sintaks: Inc (x,i); {i >= 1}
# Dec [fungsi].
Mengurangi (decrements) nilai suatu variabel.
Sintaks: DEC(x,i); {i >=1}

7. Statemen-statemen tambahan (warna,suara dan window).

# TextColor [prosedur].
Untuk mengatur warna dari karakter-karakter di layar.
Sintaks: TextColor (color : Byte);
Catatan : untuk pilihan warna lihat pada buku Turbo Pascal yang anda miliki.
Daftar TextColor :
(2)  Hijau Muda (3)  Hijau pupus (4)  Merah
(5)  Ungu Tua (6)  Kuning (7)  Putih
(8)  Biru Tua (9)  Biru Cerah (10)  Hijau Muda
(12)  Merah Muda (13)  Ungu Cerah (14)  Kuning Muda
(15)  Ungu Pupus (16)  Hitam
Daftar TextColor dengan Blink :
(17)  Biru Tua (18)  Hijau Muda (19)  Hijau Pupus
(20)  Merah (21)  Ungu Tua
# TextBackGround [prosedur].
Untuk mengatur warna latar belakang dari karakter-karakter di
layar.
Sintaks: TextBackGround (Color : Byte);
# Window [prosedur].
Untuk membuat suatu jendela (window) yang terletak pada
layar.
Sintaks: Window (x1,x2,y1,y2 : Byte);
x1,x2 = kordinat kiri atas dengan nilai maksimal
sesuai dengan mode layar.
y1,y2 = kordinat kanan bawah dengan nilai
maksimal sesuai dengan mode layar.
# TextMode [prosedur].
Untuk mengatur lebar layar, 80 kolom atau 40 kolom.
Sintaks: TextMode(Mode: Byte);
Default = C80

# Sound [prosedur].
Untuk mengaktifkan suara (beep) pada internal speaker.
Sintaks: Sound (Hz : word);
Untuk mengnonaktifkannya, gunakan statemen NoSound.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Petotu | Bloggerized by Penyejuk Hati - Copaser Mania | Komunitas Blogger Madura