Selasa, 27 Maret 2012

7 langkah untuk mencapai relaksasi total

        kamu bisa melakukan hal ini setiap kali merasa tertekan atau gelisah, dimanapun kamu mulai merasakan tegang atau tidak enak di tubuhmu. maka langkahnya sebagai berikut:
1. duduklah pada posisi yang xaman atau berbaring
2. tutup matamu dan tenangkan diri.(kalau sedang duduk, tempatkan tanganmu di pangkuanmu. rapatkan kedua tanganmu. kalau berbaring, tempatkan kedua tanganmu di samping tubuhmu)
3. bernapaslah pelan-pelan dan dalam-dalam melalui diafragma. cara melakukan hal ini: lemaskan otot-ptpt perutmu, letakkan satu tangan di perutmu. ambil napas dalam-dalam sehingga mencapai "perutmu" jangan dengan memaksakannya, tapi dengan mengembangkannya, seakan-akan kamu sedang mencoba membuat perutmu lebih buncit. tanganmu seharusnya naik sekitar 3 sentimeter. kalau ini telah terjadi maka kamu telah bernapas dalam diafragma. keluarkan napas, dan perutmu akan kempis kembali.
4. berkonsentrasilah pada otot-otot yang berada di puncak kepalamu.
5. saat puncak kepalamu terasa santai, maka pusatkan perhatianmu pada dahimu dan daerah di sekeliling matamu.
6. kini, gerakkan otot-otot di pelipis di telingamu. lemaskanlah, lalu daerah pangkal dan hidungmu. saat-saat bagian ini sudah lemas, maka teruskan ke daerah dibelakang lehermu, tetap konsentrasi pada masing-masing otot sampai semuanya sudah sudah tidak tegang lagi
7. teruskan ke daerah bahu, lengan, tangan, jari jemari, dada, perut.... terus sampai ke ujung jari kedua kakimu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Petotu | Bloggerized by Penyejuk Hati - Copaser Mania | Komunitas Blogger Madura